Menguak Rahasia Dapur Pacu Esemka 1.5i


detail beritaJAKARTA - Mobil Nasional Kiat Esemka yang kini menjadi buah bibir mengusung mesin berkapasitas 1500cc. Oleh si empunya, mesin ini dijuluki Esemka 1.5i. Mesin tersebut kini menghuni di dua model mobil Esemka yaitu SUV Rajawali dan double cabin Bima.

"Mesin sendiri inspirasinya dari Mazda lalu kita melakukan modifikasi-modifikasi." ujar Direktur Pembinaan SMK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Joko Sutrisno, ketika ditemui, Rabu (4/1/2012) sore, di Jakarta.

Hebatnya seluruh material dalam pembuatan mesin ini merupakan kandungan komponen lokal. Tidak hanya itu dalam proses pembuatannya dilakukan secara manual oleh tangan-tangan terampil siswa SMK.

Staf pengajar teknik kendaraan ringan SMK Negeri 2 Surakarta Sriyono pernah mengungkapkan mesin ini mampu memproduksi 105 tenaga kuda pada putaran mesin 5.500 rpm.

Joko mengaku sudah mengkonfirmasi niatan untuk 'mencontek' mesin tersebut kepada pihak terkait dalam hal ini pemilik mesin. "Iya sudah ada, kami sudah lakukan (pembicaraan). Tapi sebenarnya kalau sudah jadi public domain itu boleh di copy. Tidak ada masalah," ungkapnya.

Lebih lanjut Joko menegaskan bahwa mesin Esemka 1.5i ini sudah siap sebanyak 1.000 unit. Jika saja semua perizinan mobil sudah rampung, Esemka dapat segera masuk tahap produksi.

Sebanyak 80 persen komponen dalam mobil ini merupakan kandungan lokal sementara 20 sisanya adalah impor. Untuk komponen yang masih impor seperti Electronic Control Unit (ECU), Electronic Fuel Injection (EFI), Automatic Window dan ring piston.

Untuk diketahui dalam penggarapan mobil nasional ini SMK bekerja sama dengan beberapa mitra industri seperti Nasional Motor, Kiat Motor, Mageda Karoseri, AIKA dan Pasindo.
 
menarik dicopy: http://autos.okezone.com/

0 komentar: